Mencari Pesepakbola Berbakat di Gala Siswa 2018

By Admin

nusakini.com--Ajang pencarian pesepakbola berbakat tanah air bertajuk Gala Siswa 2018 mulai berlangsung di Lapangan Armed Makassar, Sabtu (10/2). 

Khusus di Lapangan Armed, tercatat tujuh sekolah menengah pertama pada dua kecamatan unjuk kemampuan meraih yang terbaik. Tujuh sekolah itu adalah SMPN 18, SMPN 26, SMPN 24, SMPN 15 (Kecamatan Tamalate), SMPN 6, SMPN 2 dan SMP Khatolik Rajawali (Kecamatan Ujungpandang).

"Kami berharap lewat ajang ini bakal lahir pesepakbola nasional," ujar Muhammad Guntur Spd,Mpd, koordinator pelaksana yang juga Kepala Sekolah SMPN 18.

Menurut Guntur, regulasi usia pada ajang ini adalah maksimal kelahiran 1 Januari 2004. "Setiap sekolah juga tidak boleh memainkan siswa yang sudah duduk di bangku kelas sembilan," jelas Guntur.

Sofyan Haeruddin, wakil koordinator pelaksana menambahkan, berbeda dengan ajang lainnya, tim juara tidak otomatis mewakili kecamatannya. "Aturannya, pemain terbaik pilihan tim pemantau yang akan mewakili kecamatannya untuk menghadapi tim kecamatan lainnya di Makassar," tutur Sofyan.

Maka dari itu, lanjut Sofyan, pihaknya mempercayakan sepenuhnya kepada tim pemantau yang diketuai Budiman Buswir (mantan pemain PSM) untuk memilih pemain. "Kami menjamin pemilihan pemain dilaksanakan secara fair. Karena ini tujuannya untuk mencari pemain berbakat masa depan," tegas Sofyan.

Berdasarkan jadwal, untuk level provinsi bakal dilaksanakan pada Maret mendatang. Sementara putaran nasional dilangsungkan pada September. "Gala Siswa adalah kompetisi berjenjang yang rutin diadakan tiap tahun oleh Kemendikbud," tutup Sofyan. (ab)